Diet Anda Gagal? Yuk Pelajari Manfaat Beras Hitam Untuk Diet Berikut !

Diet Anda Gagal? Yuk Pelajari Manfaat Beras Hitam Untuk Diet Berikut !

Salah satu alasan mengapa diet Anda gagal adalah masih banyak kalori yang disimpan dalam tubuh Anda, dibandingkan dengan yang Anda gunakan untuk beraktivitas. Diet yang terlalu keras-pun tidak baik bagi kesehatan Anda karena akan membuat Anda kekurangan gizi. Jadi bagaimana cara diet yang tepat? Mudah saja, Anda bisa menggunakan beras hitam.

Manfaat beras hitam salah satunya adalah sebagai bahan pangan pengganti beras yang rendah kalori namun memiliki banyak kadar nutrisi lain hingga selain sukses diet, Anda juga akan lebih sehat dengan konsumsi beras ini.

Anda dapat membeli beras hitam dengan mudah secara online maupun di swalayan terdekat daerah Anda. Nah, Agar Anda lebih yakin mengonsumsi beras para kaisar Cina ini, Kami rangkum manfaat beras hitam untuk diet.

Mengenal Apa Itu Beras Hitam

Beras hitam adalah salah satu jenis beras (Oryza sativa L.) yang memiliki ciri khas memiliki warna hitam kerena perikarpiumnya kaya akan antosianin. Beras hitam yang dikenal sebagai chinesse forbidden rice ini berbeda dengan ketan hitam. Berikut perbedaan beras hitam dan ketan hitam yang perlu Anda ketahui.

  • Beras ketan hitam memiliki warna campuran merah, coklat dan hitam. Sedangkan beras hitam tidak memiliki gradasi warna
  • Beras hitam memiliki tekstur yang kesat dan tidak lengket saat dimasak. Sedangkan ketan hitam cenderung lengket karena benyak memiliki polisakarida lengket yang disebut amilopektin.

Bera hitam memiliki kandungna serat, vitami dan antioksidan yang tinggi hingga cocok bagi Anda yang memiliki gaya hidup sehat. Terutama bagi Anda yang sedang diet.

Kadar Nutrisi Beras Hitam dan Manfaat Beras Hitam Untuk Diet

Anda pasti bertanya apakah beras hitam dapat membantu menurunkan berat badan? Tentu saja bisa. Selain itu, beras hitam juga memiliki kandungan nutrisi lain yang berguna bagi kesehatan tubuh Anda dan Keluarga.

Kandungan serat yang dimiliki oleh beras hitam adalah 2 g serat per 57 g beras hitam mentah. Jumlah ini lebih besar dibandingakan jenis beras sehat lain seperti beras merah yang hanya mengandung 1.8 g serat per 100 g beras mentah.

Jumlah serat dalam beras merah tersebut dapat memenuhi kebutuhan Anda akan serat sebanyak 8% dari manfaat serat beras hitam bagi tubuh adalah sebagai berikut :

Memberi Rasa Kenyang yang Lebih Lama

Kandungan serat tinggi pada beras hitam memberikan rasa kenyang yang lebih lama setelah mengonsumsi beras eksotis ini. Seperti minuman komersil yang mengandung serat, serat beras hitam berfungsi sebagai spons yang akan menyerap air hingga volumenya meningkat.

Peningkatan volume ini membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Kandungan karbohidrat pada beras hitam ini juga lebih kompleks dibandingkan beras putih hingga lebih lambat dicerna dan berfungsi sebagai cadangan makanan.

Mampu Mengongtrol Penyerapan Gula

Seperti yang dijelaskan pada poin di atas, beras hitam memiliki kandungan karbohidrat yang lebih susah dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu, kadar gula darah lebih seimbang. Gula darah yang terlalu tinggi dapat menjadi masalah kesehatan sebagai berikut :

  • Gula berlebih akan disimpan sebagai lemak dalam jaringan adiposa
  • Gula berlebih dalam darah akan menyebabkan intoleransi insulin yang menyebabkan diabetes.

Mengontrol Saluran Pencernaan Menyerap Kolesterol

Beras hitam yang kaya serat akan menyerap kolesterol dan lemak dari makanan hingga tidak masuk dalam sistem peredaran darah. Hal ini bagus untuk Anda yang sedang diet.

Jumlah lemak yang terkontrol akan membantu Anda mencapai berat badan ideal. Selain itu, beras merah memiliki kadar antisianin tinggi yang mencegah penyerapan kolesterol dan lemak. (Sumber : Blak rice and antrhocyanins induce inhibition of cholesterol absorption in vitro).

Kemampuan Beras Hitam Mengonrtol Berat Badan

Beras hitam memiliki karekteristik yang penting untuk mengontrol berat badan dan bahkan membantu Anda menurunkan berat badan. Karakteristik beras hitam yang sehat itu antara lain

  • Beras merah memiliki jumlah kalori yang rendah (200 kalori per 1/3 cangkir vs 250 kalori percangkir beras merah)
  • Memiliki kadar serat yang tinggi (2 gram per 54 gram beras hitam vs 1.8 gram per 100 gram beras merah)
  • Memiliki kadar antosianin tinggi yang mencegah penyerapan kolesterol dan lemak.

Nikmati khasiat beras hitam dalam seduhan teh >> http://tokosist.id/greenia-beras-hitam/

Dapat Membantu Mendetoksifikasi Tubuh

Studi telah menunjukan bahwa mengonsumsi beras hitam dapat membantu detoksifikasi tubuh dan membersihkan hati dari penumpukan toksik berbahaya. Kemampuan ini berkat kandungan antioksidan antosianin yang tinggi pada beras hitam organik. Kandungan antioksidan pada beras hitam juga mencegah terbentuknya plak dalam arteri hingga melindungi Anda dari serangan penyakit gangguan jantung dll.

Sumber : https://blog.agromaret.com/2018/03/diet-anda-gagal-yuk-pelajari-manfaat-beras-hitam-untuk-diet-berikut

Nikmati khasiat beras hitam dalam seduhan teh >> http://tokosist.id/greenia-beras-hitam/